Home > Umum

Penutupan Pendakian Gunung Gede Pangrango Diperpanjang Hingga 14 April 2024

informasi dari Stasiun Klimatologi Jawa Barat - BMKG Prospek Prakiraan Hujan 1 (satu) Bulan Ke Depan dan mencermati kondisi cuaca ekstrem.
Pengumuman perpanjangan penutupan pendakian Gunung Gede Pangrango. Dok BB TNGGP
Pengumuman perpanjangan penutupan pendakian Gunung Gede Pangrango. Dok BB TNGGP

SUKABUMI--Penutupan pendakian ke kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Jawa Barat diperpanjang hingga 14 April 2024 mendatang. Seperti diketahui, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) mengumumkan penutupan sementara aktivitas pendakian dimulai 31 Desember 2023 lalu.

Hal ini tercantum dalam surat edaran terbaru yakni Surat Edaran SE 08/BBTNGGP/Tek/B/03/2024 tentang Perpanjangan Penutupan Kegiatan Pendakian Gunung Gede Pamgrango tertanggal 21 Maret 2023. Isinya kegiatan pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dilakukan perpanjangan penutupan sementara untuk umum sampai dengan 14 April 2024.

Dalam pengumuman di media sosial Instagram BB TNGGP disebutkan hal yang mendasarinya yakni informasi dari Stasiun Klimatologi Jawa Barat - BMKG Prospek Prakiraan Hujan 1 (satu) Bulan Ke Depan dan mencermati kondisi cuaca ekstrem.

Selain itu dalam rangka pemulihan ekosistem di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sebelumnya, kegiatan pendakian ke Gunung Gede Pangrango ditutup sementara untuk umum mulai 31 Desember 2023 sampai dengan 31 Maret 2024,” ujar Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji Prabowo. Keputusan penutupan sementara pendakian itu dituangkan dalam Surat Edaran 23/BBTNGGP/Tek/B/12/2023, tertanggal 15 Desember 2023.

Surat edaran itu ditujukan kepada para calon pendaki, masyarakat, pengelola pariwisata, pengunjung wisata, dan penggiat alam bebas. Dalam surat edaran itu disebutkan, penutupan sementara aktivitas pendakian dilakukan mencermati kondisi cuaca ekstrem, serta dalam rangka pemulihan ekosistem di TNGGP.n Riga Nurul Iman

× Image