Home > Serba Serbi

Tak Hanya Ajarkan Siswa Berkurban, Idul Adha pun Dijadikan Materi Karya Tulis

Sesuai arahan Kurikulum Merdeka, harus ada literasi. Jadi siswa menulis artikel tentang berkurban di sekolah.
Pelaksanaan Kurban
Pelaksanaan Kurban

BANDUNG---Hari Raya Idul Adha, ternyata tak hanya mengajarkan soal ketaqwaan dan praktik menyembelih hewan kurban bagi DHIS Secondary. Karena, menurut Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan DHIS Secondary, Hani Maruta Saarah, momen Idul Adha ini dijadikan sebagai materi karya tulis siswa/siswinya.

"Jadi, setiap siswa dapat bagian tugas untuk literasi kurban. Kan sesuai arahan Kurikulum Merdeka, harus ada literasi. Jadi mereka menulis artikel tentang berkurban di sekolah," ujar Hani, dalam keterangan resminya Kamis (20/6/2024).

Hani menjelaskan, tugas ini diberikan dalam rangka memperkuat budaya dan kemampuan literasi siswa. Sehingga, siswa tak hanya mendapat pengalaman ber-qurban secara langsung tapi juga dapat berbagi melalui tulisan yang diharapkan dapat dibaca serta bermanfaat bagi orang lain.

"Tema tulisannya asalah Berbagi Qurban, Berbagi Makna Kebahagiaan," katanya.

Selain itu, kata dia, tulisan harus memperlihatkan sudut pandang penulis sebagai remaja muslim tentang kurban. Tulisan juga, memuat tahapan agenda selama satu hari kegiatan kurban di DHIS Secondary. Kesimpulannya, harus berupa ajakan untuk selalu berbagi kebahagiaan kapanpun dan di mana pun.

"Tulisan juga harus disertai foto dari tahapan kegiatan kurban di DHIS Secondary. Jadi dari mulai pendidikan kurban pagi hari, pemotongan, pencacahan, sampai pendistribusian," katanya.

× Image