Home > Umum

Keren, 32 Lulusan Madrasah Sukabumi Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Ternama

Puluhan pelajar ini lolos melalui jalur SNBP, SPAN PTKIN dan SNBT tahun 2024.
Para lulusan MAN 1 Kota Sukabumi yang lolos PTN pada 2024.
Para lulusan MAN 1 Kota Sukabumi yang lolos PTN pada 2024.

SUKABUMI--Sebanyak 32 orang lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi lolos perguruan tinggi negeri (PTN) pada 2024. Mereka diterima dalam tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa.

Dari ke 32 orang lulusan tersebut, sebanyak 25 orang melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan tiga orang melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN). Selain itu ada empat orang melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

'' Syukur alhamdulillah dan rasa bangga atas prestasi yang dicapai oleh siswa dan siswi, sehingga mampu lolos ke PTN lewat jalur,'' ujar Plt Kepala MAN 1 Kota Sukabumi Rustandi, Kamis (20/6/2024). Di mana, puluhan pelajar ini lolos melalui jalur SNBP, SPAN PTKIN dan SNBT tahun 2024.

Rustandi mengatakan, pihak madrasah akan terus memberikan semangat kepada para siswa yang lolos, untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan semoga lebih sukses. '' Ini adalah kado terindah yang dipersembahkan oleh putera puteri terbaik MAN 1 Kota Sukabumi kepada saya yang kurang lebih sudah 1,5 bulan menjadi plt kepala,'' jelasnya.

Guru BP/BK MAN 1 Kota Sukabumi Evi Syahdiati mengatakan, keberhasilan para lulusan MAN 1 Kota Sukabumi salah satunya dengan adanya bimbingan dari para guru. Sebab, para guru memberikan pendampingan dan memberikan informasi mengenai PTN sesuai dengan kemampuan para siswa.

Salah seorang siswa lolos PTN jurusan S1 Ilmu Peternakan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Aghnaita Tri Basitha menyampaikan, syukur alhamdulillah senang rasanya bisa membanggakan orang tua dan keluarga. '' Tidak menyangka bisa diterima, sudah pasrah sama Allah, karena pasti ngasih yang terbaik,'' imbuhnya.

Menurut Aghnaita, kunci untuk lolos adalah selalu belajar dan belajar. Sebelumnya melalui jalur SNBP ia tidak lolos dan alhamdulillah lewat jalur SNBT diterima di prodi ilmu peternakan Unpad.

'' Hal yang terpenting juga berdoa kepada Allah SWT dan minta restu dari orang tua dan keluarga,'' kata Aghnaita. Prestasi ini tak luput dari peran orangtuanya yakni ayah adalah guru SMKN 1 Kota Sukabumi dan Ibu adalah guru MAN 1 Kota Sukabumi.n Riga Nurul Iman

× Image