Home > Umum

Muhammadiyah Launching Mitra Grosir di Sukabumi, Hasil Kolaborasi BUMN dan BUMM

Keberadaan MG Mu ini merupakan bagian dari pilar ekonomi Muhammadiyah.
Launching Mitra Grosir Muhammadiyah (MG Mu) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat oleh Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Kamis (14/6/2024).
Launching Mitra Grosir Muhammadiyah (MG Mu) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat oleh Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Kamis (14/6/2024).

SUKABUMI--Persyarikatan Muhammadiyah meresmikan Mitra Grosir Muhammadiyah (MG Mu) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Keberadaan MG Mu ini merupakan bagian dari pilar ekonomi Muhammadiyah.

Informasi yang diperoleh, MG Mu merupakan hasil kolaborasi banyak pihak. Di antaranya Majelis Ekonomi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sukabumi, PT Mitra Bumdes Nusantara (MBN) - BUMN anak perusahaan Bulog dengan PT Gramasurya, Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM). Peresmian MG Mu yang berlokasi di Muhammadiyah Boarding School (MBS), di Jalan Raya Karangtengah Nomor 23, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi itu dilakukan langsung Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Kamis (13/6/2024).

Haedar Nashir dalam sambutannya berpesan agar pilar ekonomi sama kokohnya dengan pilar pendidikan dan kesehatan yang selama ini telah dikembangkan oleh Muhammadiyah. '' Mitra Grosir Muhammadiyah ini, harus jadi besar, gedungnya, persediaannya, jaringannya. Kalau setahun kemudian begini-begini saja, tutup saja," kata Haedar.

Ia meyakini Muhammadiyah insya Allah mampu membangun dan membesarkan pilar ekonomi itu karena memiliki sumber daya manusia (SDM) yang handal, hasil dari didikan perguruan-perguruan tinggi Muhammadiyah. " Penting untuk menumbuhkembangkan jiwa entreupreuneur, ajarkan ke generasi-generasi muda Muhammadiyah untuk berpikir maju, tidak heureut, cupet, tanamkan bahwa berniaga atau berdagang itulah Islam. Tidak hanya bisa banyak pendapat, tapi juga bisa banyak pendapatan," ungkap Haedar.

Mitra Grosir Muhammadiyah (MG Mu) sendiri menyediakan barang dagangan seperti sembako dan alat tulis kantor. Bukan saja memudahkan masyarakat umum, warga Muhammadiyah, dan sekolah-sekolah serta Universitas Muhammadiyah untuk mendapatkan sembako dan ATK yang terjangkau, MG Mu juga memberdayakan ekonomi warga Muhammadiyah.

Pemberdayaan ekonomi warga Muhammadiyah dilakukan dengan cara menjadi re-seller di pengurus cabang dan pengurus-pengurus ranting Muhammadiyah. MG Mu juga akan berfungsi sebagai offtaker produk-produk lokal pertanian, peternakan, UMKM, dan memasarkannya ke luar.

Komisaris PT Mitra Bumdes Nusantara, Romdin Azhar mengatakan, MG Mu ini adalah model kolaborasi dengan sistem kerja sama bagi hasil. Dengan sistem tersebut, maka semua pihak yang terlibat wajib transparan perihal rencana dan realisasi keuangan.

" Pihak-pihak yang terlibat dalam kolaborasi ini wajib buka-bukaan, sehingga rencana dan realisasi keuangan menjadi terbuka dan transparan," kata Romdin. Dalam kolaborasi MG Mu ini, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sukabumi berkontribusi dalam optimalisasi asset dan market, PT Mitra Bumdes Nusantara (MBN) dalam hal inventory dan manajemen sistem, serta PT Gramasurya dalam penyediaan ATK, cinderamata, seragam, dan batik Muhammadiyah.

Ketua PDM Kabupaten Sukabumi Masyur Sah, berharap MG Mu di Kabupaten Sukabumi dapat berjalan dengan optimal dan menginspirasi daerah lain untuk replikasinya. " Semoga MG Mu ini dapat mengispirasi untuk dibangun dan dikembangkan di daerah lain. Mitra Grosir Muhammadiyah bisa tersebar di Kabupaten Sukabumi, juga di Kabupaten Kota lainnya di Jawa Barat," katanya.n Riga Nurul Iman

× Image