Home > Umum

Madrasah di Sukabumi Genjot Potensi Pelajar di Seni dan Olahraga

Gelar seni dan olahraga (Gasera) dalam memaksimalkan potensi dan bakat siswa.
Suasana gelar seni dan olahraga (Gasera) MAN 1 Kota Sukabumi, Senin (10/6/2024).
Suasana gelar seni dan olahraga (Gasera) MAN 1 Kota Sukabumi, Senin (10/6/2024).

SUKABUMI--Madrasah di Kota Sukabumi memaksimalkan kegiatan positif setelah momen ujian semester. Misalnya dilakukan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi yang mengagas Gelar seni dan olahraga (Gasera) dalam memaksimalkan potensi dan bakat siswa.

Kegiatan yang digelar pada 10-12 Juni 2024 tersebut bertempat di MAN 1 Kota Sukabumi. Di ajang itu diadakan lomba futsal, omba vocal group, fashion show dengan tema Pahlawan, tampilan seni tari dan pencak silat.

'' Gasera bisa disebut juga class meeting adalah salah satu kegiatan intra sekolah yang biasa diadakan setelah ujian semester,'' ujar Ketua Panitia Gasera 2024, Mukhti Aulia Nazar, Senin (10/6/2024). Baik itu semester ganjil maupun semester genap dalam mengisi waktu yang tersedia jelang penerimaan rapor di sekolah cukup panjang.

Di mana kata Mukhti, untuk memanfaatkan waktu luang tersebut, kegiatan pembelajaran di kelas tidak lagi jadi opsi. Maka darinya, kegiatan Gasera bisa menjadi opsi bagi pihak sekolah untuk membangkitkan motivasi belajar dan semangat siswa.

Kegiatan Gasera di sekolah terang Mukhti, salah satu sarana utama yang bisa meningkatkan kekompakan siswa, menguatkan tali silaturahmi terhadap sesama warga sekolah, serta memupuk kembali semangat, sportivitas dan solidaritas siswa. Sehingga diadakan class meeting dengan perlombaan yang menarik, seru, berkesan dan bermanfaat bagi semua siswa dari segi keterampilan.

Wakil Kepala MAN 1 Kota Sukabumi Bidang Kesiswaan Muntamah mengatakan tujuan dari kegiatan itu antara lain merealisasikan visi dan misi dan 1 program kerja MPK, OSIS, dan Ektrakulikuler. '' Tempat mengasah kreativitas siswa MAN 1 Kota Sukabumi dan meningkatkan tali silaturahmi di antara warga sekolah,'' jelasnya.

Tujuan lainnya sambung Muntamah, meningkatkan dan mengembangkan minat, bakat, serta kemampuan siswa MAN 1 Kota Sukabumi. Terakhir, meumbuhkan sikap sportivitas dan solidaritas diantara siswa.

Plt Kepala MAN 1 Kota Sukabumi Rustandi menerangkan, class meeting (Gasera) yang diadakan secara rutin setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) ini merupakan momentum untuk mengasah kemampuan dan sportivitas. '' Kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk memperkuat kekompakan dan kebersamaan antar siswa, sebagai ajang silaturahmi, komunikasi agar hubungan persahatan siswa menjadi lebih akrab,'' cetusnya.

Di samping itu lanjut Rustandi, dengan adanya kompetisi maka class meeting juga menjadi ajang mencari bakat di bidang non akademik.n Riga Nurul Iman

× Image