Home > Serba Serbi

Di Ajang CSR Awards 2024, SCG Borong Penghargaan dari Pemprov Jabar

SCG raih dua penghargaan dari Gubernur Jawa Barat di Forum CSR Jabar 2024 pada kategori Sustainability (peringkat pertama) dan Renegeration Farmers (peringkat kedua).
Pemberian pengahrgaan kepada SCG di CSR Awards Jabar 2024.
Pemberian pengahrgaan kepada SCG di CSR Awards Jabar 2024.

SUKABUMI--SCG, melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, meraih penghargaan dalam Forum CSR Jawa Barat Tahun 2024. Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin di Grand Ballroom Hotel Pullman, Bandung, Senin (22/4/2024). Ajang CSR Awards Jabar 2024 merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah berkontribusi dalam pembangunan di Jawa Barat melalui berbagai inisiasi Corporate Social Responsibility-nya.

Informasi yang diperoleh, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi meraih penghargaan Peringkat Pertama dalam kategori “Sustainability” dan Peringkat Kedua dalam kategori “Regeneration Farmers”. Penganugerahan CSR Awards kategori “Sustainability” diberikan kepada perusahaan yang memiliki komitmen inovatif program CSR berkelanjutan untuk menciptakan ekosistem masyarakat mandiri, baik di bidang sosial, ekonomi, maupun lingkungan.

'' Sejumlah program berkelanjutan diusung PT Semen Jawa dan PT Tambanga Semen Sukabumi,'' ujar Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Peramas Wajananawat dalam keterangan persnya, Jumat (26/4/2024). Program ini meliputi “Gesari (Gerakan Desa Berdikari)” dalam bidang Ekonomi Produktif, “Beasiswa Berprestasi” dalam bidang Pendidikan, “Generasi Mentari” dalam bidang Lingkungan, “SCG ASIK (Aku Suka Ikan)” dalam bidang Kesehatan, serta berbagai pembangunan infrastruktur yang dilakukan di lima desa di Kabupaten Sukabumi. Seluruh komitmen ini merupakan perwujudan dari prinsip “ESG 4 Plus” yang menjadi landasan operasi SCG.

Bagi PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, penghargaan ini merupakan kali ketiga perusahaan mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Barat atas program-program unggulannya dalam upaya pemberdayaan dan pembangunan berkelanjutan masyarakat Sukabumi, Jawa Barat. Untuk penghargaan pertama, Perusahaan dianugerahi Peringkat Pertama pada kategori “Sustainability” atas upayanya menciptakan ekosistem yang mandiri di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan.

'' Kami percaya bahwa pertumbuhan bisnis harus sejalan dengan kemajuan masyarakat di sekitarnya,'' ungkap Peramas Wajananawat. Atas dasar hal tersebut, berbagai program CSR yang berfokus pada pengembangan masyarakat menjadi prinsip yang konsisten kami pegang dalam menjalankan berbagai program CSR. Perusahaan juga kata Peramas, dianugerahi peringkat kedua pada kategori “Regeneration Farmers (Regenerasi Petani)” yang diberikan kepada perusahaan yang mendukung regenerasi petani usia milenial (19–39 tahun) dalam bidang pertanian, perikanan, dan peternakan melalui inovasi/kreativitas dan digitalisasi.

PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi telah mendukung kelompok petani muda sejak tahun 2021 dan melahirkan 67 petani muda melalui dukungan berupa modal usaha, pelatihan, dan pembinaan.

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan, program CSR yang baik bukan tentang kerja sama sponsorship atau marketing. Melainkan lebih dari itu, sebuah perusahaan harus bisa merancang program CSR yang memberikan manfaat jangka panjang dan menimbulkan efek multiplier di masyarakat.

Sejalan dengan prinsip ini lanjut Bey, seluruh program CSR PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menerapkan kerangka kerja ESG (Environment, Social, and Governance) melalui pembangunan multisektor untuk menekan permasalahan lingkungan dan mendorong kesejahteraan sosial. Dua penghargaan yang didapatkan pada ajang CSR Awards ini mengukuhkan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas dan cakupan program demi mendukung kemajuan pembangunan.

'' Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan Pemprov Jawa Barat, yang memotivasi kami untuk terus meningkatkan mutu program pemberdayaan masyarakat, khususnya di Kabupaten Sukabumi,'' kata Bey. Ia berharap berbagai langkah yang diambil dapat menciptakan dampak yang nyata di masyarakat, selaras dengan visi ‘Jabar Juara’.

Ragam inisiasi pembangunan multisektor yang konsisten dilakukan PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi dengan mengintegrasikan program dengan target pemerintah ini merupakan salah satu perwujudan dari komitmen ESG 4 Plus di SCG. Yakni landasan operasi perusahaan yang dipersonalisasi dari kerangka kerja ESG global.

ESG 4 Plus terdiri dari empat komitmen utama yaitu Mencapai Nol Bersih Emisi per Tahun 2050 (Set Net Zero), Mewujudkan Industri Hijau (Go Green), Menekan Kesenjangan Sosial (Reduce Inequality), dan Merangkul Kolaborasi (Embrace Collaboration), dengan Keadilan dan Transparansi di setiap operasi (Plus).n Riga Nurul Iman

× Image