Home > Umum

Di Pilkada Kota Sukabumi, Gerindra dan PKS Sepakat Berkoalisi

Koalisi ini dengan menimbang dan mengingat dari geografi dan situasi politik yang ada di Kota Sukabumi.
Penandatangaan koalisi PKS dan Gerindra dalam pilkada Kota Sukabumi di RM Sunda Rasa, Ahad (4/8/2024).
Penandatangaan koalisi PKS dan Gerindra dalam pilkada Kota Sukabumi di RM Sunda Rasa, Ahad (4/8/2024).

SUKABUMI--Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjalin koalisi dalam menghadapi pilkada Kota Sukabumi 2024. Hal ini ditandai dengan penandatanganan naskah kesepakatan bersama partai politik PKS dan Gerindra di Ruang Pertemuan Sunda Rasa, Ahad (4/8/2024) malam.

Hadir dalam momen tersebut Ketua DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi Lutfi Achmad, Ketua DPD PKS Kota Sukabumi, Abdul Fatah Firman Fauzi, Bakal Calon Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, dan para anggota DPRD Kota Sukabumu dari kedua partai tersebut.

'' Koalisi ini perpaduan yang memang sudah dirancang sebelumnya untuk Gerindra di beberapa daerah yang bersama-sama dengan PKS,'' ujar Ketua DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi Lutfi Achmad kepada wartawan. Koalisi ini dengan menimbang dan mengingat dari geografi dan situasi politik yang ada di Kota Sukabumi.

Menurut Lutfi, saat ini sudah penandatanganan MoU untuk perjalanan kedepan menghadapi Pilkada 2024. '' Insya Allah kita sudah bersepakat hal-hal yang berkaitan untuk kemajuan Kota Sukabumi sudah tentu untuk masyarakat Kota Sukabumi lebih maju, lebih sejahtera, adil dan makmur,'' jelasnya.

Lutfi mengatakan, Gerindra juga bersama PKS akan mengawal semua program pemerintah pusat yang pasti makan siang bergizi gratis. Intinya, bersama dengan PKS mengawal sampai ke tingkat masyarakat bawah juga dalam menghapuskan stunting.

'' Ini ada delapan program Ptabowo yang prioritas satu persatu kami jalankan. Sesuai dengan arah menyelaraskan pembangunan Kota Sukabumi,'' ungkap Lutfi. Insya Allah bersama PKS bisa lebih menyelaraskan mengharmonisasikan berkaitan kebutuhan masyarakat dan akan benar-benar lebih maju, lebih konsen untuk pembangunan Kota Sukabumi yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

Tahapan ke depan lanjut Lutfi, akan mengeluarkan SK pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. '' Kalau kita sudah MoU dalam perjalanan besok dan selanjutnya akan menuju ke arah finalisasinya di 27 Agustus 2024 bersama PKS dengan membawa hal-hal ketentuan yang dibutuhkan oleh KPU,'' ungkap dia.

Harapan ke depan terang Lutfi, sudah tekad bulat bersama-sama PKS begitu dan PKS begitu sama bersama-sama dengan Gerindra. Ia mengatakan semua bersepakat untuk selalu bergandengan tangan apapun situasi kondisinya, ombak besar dan angin ribut pun tetap bersama dengan PKS.

'' Pasangan sendiri nanti akan ada kejutan yang pasti ada kader yang terbaik yang akan maju ini kolaborasi PKS dan Gerindra. Tunggu tanggal mainnya kalau sekarang nanti udah tau duluan,'' ungkap Lutfi. Dalam artian, untuk posisi wakil wali kota akan dikomunikasikan dan dipastikan putra daerah yang terbaik.

Sebab kata Lutfi, PKS, Gerindra dan PKB akan lebih detail mengkaji untuk wakil wali kota karena dinilai tidak main main. Sebab, dalam pilkada ini harus menang dan bersama dengan pemenang. '' PKB saudara kami, mewakili ulama harapan lebih setel lebih siap. Koalisi ini nasionalis, Islam tradisional dan Islam modern mengakomodir semua. Koalisi akan dirembugkan nama koalisi tunggu tanggal mainnya,'' imbuhnya.

Ketua DPD PKS Kota Sukabumi, Abdul Fatah Firman Fauzi menambahkan, waktu pilkada sudah mendekat dan nampaknya sudah sedikit ke puncak finalisasi. '' Jadi tadi disampaikan terutama tentu posisi wakil wali kota, PKS, Gerindra akan berembuk yang terbaik siapa, yang kedua nama koalisinya apa juga seminggu kedepan nanti akan kita rembugkan,'' katanya.

Sehingga sambung Firman, untuk hal hal teknis akan membuat Setgap atau Sekbar yang akan mengkaji segala halnya. '' Mudah-mudahan dalam sepekan ini semuanya sudah terjawab dan kemungkinan nanti juga disampaikan bersama-sama tentang siapa F2 nya,'' katanya.n Riga Nurul Iman

× Image