Home > Umum

MAN 1 Kota Sukabumi Jadi Satu-satunya Madrasah Terpilih Ikuti Sakola Budaya 2024

Sakola Budaya 2024 yang bertujuan menanamkan jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap budaya Indonesia, khususnya di kalangan pelajar SMA/SMK se-Jawa Barat.
Program Sakola Budaya digelar Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX Propinsi Jawa Barat.
Program Sakola Budaya digelar Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX Propinsi Jawa Barat.

SUKABUMI--Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi menjadi satu-satunya madrasah yang terpilih dalam program Sakola Budaya 2024. Kegiatan yang digelar Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX Propinsi Jawa Barat ini dalam upaya mengajak peserta untuk mengenal dan mencintai warisan budaya Jawa Barat.

'' Alhamdulillah dari 15 sekolah yang terpilih, MAN 1 Kota Sukabumi menjadi satu-satunya madrasah yang mengikuti Sakola Budaya 2024,'' ujar Plt MAN 1 Kota Sukabumi Rustandi, Kamis (11/7/2024). Ia mengatakan BPK Wilayah IX menginisiasi kegiatan Sakola Budaya 2024 yang bertujuan menanamkan jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap budaya Indonesia, khususnya di kalangan pelajar SMA/SMK se-Jawa Barat.

Kegiatan ini akan berlangsung pada 23 hingga 25 Juli 2024, dengan tema “Kenali Budayamu, Cintai Negerimu”. Sakola Budaya mengajak peserta untuk mengenal dan mencintai warisan budaya Jawa Barat, baik yang bersifat intangible (tak benda) seperti Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK), maupun tangible (kebendaan) seperti Cagar Budaya.

Peserta lanjut Rustandi, akan diajak melihat langsung objek budaya di berbagai lokasi bersejarah dan budaya di Jawa Barat. Misalnya Museum Konperensi Asia Afrika, Gedung Merdeka Asia Afrika, Museum Sri Baduga Jawa Barat, Kampung Seni Giriharja di Jelekong, Kabupaten Bandung.

Siswi Sakola Budaya dari MAN 1 Kota Sukabumi, Mukhti Aulia menerangkan, senang juga bangga terhadap pencapaian yang telah diraih hingga sampai dimana saya bisa terpilih sebagai perwakilan dari MAN 1 Kota Sukabumi untuk ikut serta dalam acara tersebut. Terlebih MAN 1 Kota Sukabumi merupakan satu satunya MA yang terpilih untuk mengikuti acara.

'' Karena didominasi oleh SMA/SMK, sebelum sampai di titik ini tentu saja saya pernah mengalami kekalahan dalam persaingan. Namun kalah bukanlah akhir dari segalanya,'' cetus Mukhti. Intinya mengusahakan dengan baik agar dapat menghasilkan yang terbaik juga.

Guru Pembimbing MAN 1 Kota Sukabumi Suci Nurul Qoriah menuturkan, Alhamdulillah MAN 1 Kota Sukabumi berhasil lolos untuk mengikuti kegiatan Sakola Budaya yang diselenggarakan oleh Badan Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX Provinsi Jawa Barat. '' InsyaAllah kegiatan ini akan dilaksanakan pada tgl 23-25 Juli mendatang,'' jelasnya.

Suci menuturkan, pihaknya antusias mengikuti seleksi ini agar dapat menambah wawasan kebudayaan di Jabar hususnya. Ia melampirkan beberapa prestasi yang merupakan syarat mendaftar di kegiatan ini.

Menurut Suci, terpilihnya pelajar ini karena berbekal bakat dan prestasi di bidang tari Mukhti Aulia N dN pupuh juga qiroah Silmina. '' Kami siap membawa nama harum MAN 1 Kota Sukabumi pada acara Sakola Budaya,'' katanya.n Riga Nurul Iman

× Image