Home > Umum

Jelang Idul Adha, Sukabumi Gencarkan Gerakan Pangan Murah di Wilayah

Pemkot dalam hal ini DKP3 melaksanakan GPM dalam menhaga kestabilan inflasi.
Suasana Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diiniasi oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) di Halaman Kantor Kelurahan Sukakarya, Warudoyong, Jumat (14/6/2024)
Suasana Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diiniasi oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) di Halaman Kantor Kelurahan Sukakarya, Warudoyong, Jumat (14/6/2024)

SUKABUMI--Menjelang Idul Adha, Pemkot Sukabumi menggencarkan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diiniasi oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) di Halaman Kantor Kelurahan Sukakarya, Warudoyong, Jumat (14/6/2024).

Momen ini dalam rangka membantu warga memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau dan dalam rangka mengendalikan inflasi. Kegiatan tersebut ditinjau langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, bersama Pj Ketua TP-PKK Kota Sukabumi, Diana Rahesti.

'' GPM digelar dalam rangka menghadapi hari besar keagaman yakni Idul Adha,'' kata Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan program dan meninjau langsung ketersediaan bahan pangan yang dijual dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

Pemkot dalam hal ini DKP3 melaksanakan GPM dalam menhaga kestabilan inflasi. Dalam artian kata Kusmana, sengaja menyediakan pangan dengan harga murah dengan menafaatkan dana provinsi.

Selanjutnya kegiatan ditempatkan di Kelurahan Sukakarya, Warudoyo g salah saru fokus lokus program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). GPM terang Kusmana. merupakan program yang dilaksanakan oleh Pemkot Sukabumi untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok dengan harga lebih murah.

Program ini rutin digelar menjelang hari besar keagamaan, seperti Idul Adha. Pada tahun 2024, GPM telah dilaksanakan sebanyak 15 kali di berbagai lokasi di Kota Sukabumi. Sebanyak 14 program dibiayai oleh APBD Kota Sukabumi, dan 1 program dibiayai oleh anggaran dekonsentrasi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Dalam pelaksanaannya, DKP3 bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk BULOG, kelompok tani, distributor pangan, pengusaha pangan, dan pelaku UMKM pangan. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah bagi masyarakat.

Kusmana mengapresiasi program GPM yang telah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok dengan harga terjangkau. Ia berharap program ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjangkau lebih banyak masyarakat di Kota Sukabumi.

Pada GPM menjelang Idul Adha 2024, berbagai komoditas pangan seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, mie instan, sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan telur dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran. '' Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran seperti terlur dengan harga Rp. 28.000 per Kg, cabe merah keriting Rp. 48.000 per Kg," jelasnya.

Program GPM mendapat sambutan positif dari masyarakat. Banyak warga yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membeli bahan pangan dengan harga terjangkau.

" Pelaksanaan GPM di Kelurahan Sukakarya sebagai lokus P2WKSS, kegiatan ini menjadi wadah untuk membangun entreupreneurship perempuan,'' ungkap Kusmana. Di mana, ada para perempuan dari Sukakarya yang ikut serta memasarkan produknya di kegiatan ini.n Riga Nurul Iman

× Image