Home > Umum

Di Tahun Ajaran Baru, Pelajar Madrasah di Sukabumi Ditekankan Pendidikan Karakter dan Cegah Bullying

Pendidikan karakter disiapkan dalam menghadapi perkembangan teknologi digital.
Pembukaan Matsama di MAN 1 Kota Sukabumi, Senin (15/7/2024).
Pembukaan Matsama di MAN 1 Kota Sukabumi, Senin (15/7/2024).

SUKABUMI--Momen tahun ajaran baru sekolah mulai dilakukan pada Senin (15/7/2024) ini. Di awal tahapan tersebut sekolah umum menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan madrasah disebut Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama).

Hal ini misalnya dilakukan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi yang melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) pada 15-17 Juli 2024. Dalam pembukaan Matsama di madrasah tersebut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi Samsul Puad yang menekankan pendidikan karakter dalam masa Matsama 2024.

'' Kegiatan Matsama mempunyai peran strategis dalam memperkuat karakter siswa madrasah,'' ujar Kepala Kemenag Kota Sukabumi, Samsul Puad, Senin. Ia berharap kegiatan Matsama dapat mendukung implementasi nilai-nilai dan karakter utama GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental-red) yaitu nasionalisme, integritas, kemandirian, gotong royong, dan religius.

Samsul menuturkan, dalam Matsama pelajar akan mengenal apa itu madrasah dan menekankan pendidikan karakter. Sehingga pengenalan madrasah nemiliki kekhususan yakni selain pendidikan umum dan agama yakni karakter karena di atas ilmu ada akhlak.

'' Sebab menjelang Indonesia emas siswa akan bergelut dengan digital,'' kata Samsul. Harapannya yang dapat dimaksimalkan dari sisi postif penerapan teknologi digital dimaksimalkan dan negatif bisa dihindari. Salah satunya dengan bekal pendidikan karakter.

Plt Kepala MAN 1 Kota Sukabumi Rustandi menambahkan, dalam rangka masa transisi siswa baru perlu dilaksanakan matsama merupakan kegiatan yang dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru. Targetnya agar siswa benar-benar secara mental siap mengikuti proses pembelajaran di lingkungan belajar yang baru.

'' Dalam Matsama para siswa baru madrasah akan dikenalkan lingkungan madrasah, kebiasaan dan budaya madrasah, tata tertib, sistem pembelajaran termasuk mengenalkan guru dan tenaga kependidikannya, keunikan dan keunggulan madrasah,'' terang Rustandi. Di samping itu, kegiatan Matsama ini juga digunakan untuk mengenalkan sejak dini beberapa prinsip yang menjadi pegangan tata kehidupan warga madrasah agar tercipta iklim akademik yang kondusif sarat dengan nilai akhlakul karimah.

Ketua Panitia Matsama MAN 1 Kota Sukabumi, Dian Suhendar menuturkan, tujuan dari pelaksanaan dari kegiatan Matsama diantaranya mengenalkan kepada peserta didik baru terkait lingkungan belajar yang baru. Khususnya mengenali keadaan diri dan sosialnya agar memiliki kesiapan mental dan dapat mudah menyesuaikan diri dalam mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.

'' Menumbuhkan kebanggaan kepada para siswa-siswi baru terhadap madrasah, memahami nilai-nilai madrasah, mencintai dan menjaga nama baik almamaternya,'' cetus Dian. Berikutnya, mengenalkan nilai-nilai moderasi beragama, menumbuhkan budaya dan jiwa inklusif tidak eksklusif, ramah, anti kekerasan dan bullying, anti pelecehan seksual, dan menghargai harkat-martabat kemanusiaan.

Selain itu kata Dian, mengenalkan pola kebiasaan hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah, menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab, serta mental mandiri berprestasi. Indikator ketercapaian kegiatan adalah mendapatkan hasil kompetensi sesuai dengan target yang diharapkan.

'' Alhamdulillah bisa memulai sekolah dan semoga selama mengikuti Matsama ini, kami merasa lebih mudah beradaptasi dengan teman baru,'' ujar salah seorang peserta Matsama MAN 1 Kota Sukabumi, Amalia Puji Astanti. Kegiatan dalam Matsama juga variatif dan setelah materi ada penampilan dari masing-masing ekstrakurikuler.n Riga Nurul Iman

× Image