Home > Agama

Masuk Gelombang Dua, 374 Calon Jemaah Haji Asal Kota Sukabumi Diberangkatkan ke Tanah Suci

Kuota jemaah haji Kota Sukabumi alami kenaikan sebanyak 80 orang.
Ratusan calon jemaah haji asal Kota Sukabumi diberagkatkan dari Gedung Anton Sudjarwo Setukpa Kota Sukabumi, Senin (27/5/2024).
Ratusan calon jemaah haji asal Kota Sukabumi diberagkatkan dari Gedung Anton Sudjarwo Setukpa Kota Sukabumi, Senin (27/5/2024).

SUKABUMI--Sebanyak 374 calon jemaah haji (calhaj) Kota Sukabumi yang masuk kloter 35 JKS diberangkatkan pada Senin (27/5/2023). Pelepasan dipimpin oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji di Gedung Anton Sudjarwo Kota Sukabumi.

Proses keberangkatan turut dihadiri unsur forkopimda Kota Sukabumi. '' Pada tahun 2023 lalu jumlah jemaah haji sebanyak 256. Dan tahun ini 2024, Kota Sukabumi ada penambahan kuota sebanyak 80 jemaah haji,'' ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi Samsul Puad.

Sehingga menjadi 336 orang plus ditambah satu KBIH menjadi 337 orang. Selanjutnya ada mutasi keluar 11 orang dan mutasi masuk 40 orang serta petugas 8 orang total dan total keberangkatan sebanyak 374 orang.

Namun kata Samsul, ada dua jemaah haji yakni suami beserta istri berdasarkan kondisi kesehatan tidak bisa berangkat. Diharapkan semoga bisa sehat dan beranbgkat di kloter berikutnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan, calon jemaah haji yang berangkat tahun ini mendaftar haji pada 11 tahun yang lalu. '' Alhamdulillah tahun ini bisa berangkat dan semoga lancar hingga kembali ke tanah air,'' jelasnya dalam sambutan pelepasan keberangkatan.

Kusmana berpesan kepada seluruh jemaah agar meluruskan niat untuj ibadah, mengikuti rangkauan ibadah dan menjaga kekompokan. Selain itu membantu antar sesama jemaah dan jaga kesehatan karena kondisi di tanah air dan di tanah suci berbeda.

'' Kami berharap pulang ke tanah air dalam kondisi sehat dan haji mabrur,'' ungkap Kusmana. Ia juga meminta petugas kloter memberikan perndampingan terbaik.n Riga Nurul Iman

× Image