Home > Umum

366 Calon Jemaah Haji Kota Sukabumi Tuntas Ikuti Bimbingan Manasik Haji dan Berangkat 27 Mei

Rencananya calon jemaah haji Kota Sukabumi diberangkatkan pada 27 Mei 2024 nanti.
Suasana penutupan manasik haji tingkat Kota Sukabumi di Gedung Korpri Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024).
Suasana penutupan manasik haji tingkat Kota Sukabumi di Gedung Korpri Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024).

SUKABUMI--Sebanyak 366 orang calon jemaah haji (Calhaj) asal Kota Sukabumi telah menjalani bimbingan manasik haji dan siap diberangkatkan ke tanah suci pada 27 Mei 2024 mendatang. Rencananya, ratusan calon jemaah haji asal Kota Sukabumi ini masuk dalam Kloter 35 JKS.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi Samsul Puad disela-sela penutupan bimbingan manasik (bimsik) haji di Gedung Korpri Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024). Prosesi penutupan bimsik haji ini dilakukan Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji.

'' Alhamdulillah, penutupan bimsik haji 2024 berjalan dengan lancar,'' ujar Kepala Kantor Kemenag Kota Sukabumi Samsul Puad. Hal ini dalam mendukung kesiapan para calon jemaah haji dalam menjalankan ibadah di tanah suci.

Samsul mengatakan, tahun 2024 ini Kota Sukabumi memberangkatkan sebanyak 366 orang calon jemaah haji. Jumlah ini belum ditambah petugas haji sebanyak delapan orang sehingga menjadi 374 orang.

Dalam satu kloter terang Samsul, terdapat kuota sebanyak 440 orang. Di mana, sisanya berasal dari calon jemaah haji Kabupaten Bekasi.

Setelah pelaksanaan manasik berjalan lancar lanjut Samsul, pihaknya kini tinggal rapat dengan pemda untuk melaksanakan persiapan keberangkatan. Termasuk dari lokasi atau gedung mana akan diberangkatkan.

'' Harapannya minta doa dari warga agar jemaah haji tahun ini bisa berangkat dengan sehat dan pulang pun demikian,'' ungkap Samsul. Ia menerangkan, estimasi keberangkatan calon jemaah haji Kota Sukabumi pada 27 Mei 2024 ke embarkasi dan masuk kloter 35 JKS.

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan, berbagai tahapan persiapan ibadah haji sudah dilalui. Harapannya, bimbingan manasik haji bisa diserap para calon jemaah haji.

'' Sehingga bisa mencapai haji mabrur,'' kata Kusmana. Sebagai tamu Allah dan tamu kehormatan pemerintah kerajaan Saudi Arabia, para jemaah dapat menjadi tamu yang baik karena menjaga kehormatan bangsa dan negara khususnya Kota Sukabumi.

Kusmana berpesan, harus ditanamkan niat tulus dan ikhlas. Intinya, niatkan ibadah hanya kepada Allah SWT.n Riga Nurul Iman

× Image