Home > Umum

Meningkat, Volume Sampah di Sukabumi Saat Momen Lebaran

Pada malam takbiran diperkirakan jumlah sampah yang terkumpul di lokasi tersebut berkisar antara 100 hingga 120 ton.
Suasana TPA Sampah Cikundul, Kota Sukabumi.
Suasana TPA Sampah Cikundul, Kota Sukabumi.

SUKABUMI--Produksi sampah di Kota Sukabumi meningkat di momen lebaran yang lalu. Terutama di malam takbiran di sejumlah pusat Kota Sukabumi.

Data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi mencatat, jumlah sampah yang ditangani pada peringatan Idul Fitri 1445 Hijriyah meningkat dua kali lipat dibandingkan hari biasa. '' Peningkatan volume sampah hampir dua kali lipat di momen malam takbiran,'' ujar Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peran Serta Masyarakat DLH Kota Sukabumi, Arlan Paranti Rivai, Senin (22/4/2024).

Terutama terpusat di Jalan Ahmad Yani, Pasar Pelita dan Ciwangi. Berdasarkan catatannya pada malam takbiran diperkirakan jumlah sampah yang terkumpul di lokasi tersebut berkisar antara 100 hingga 120 ton.

Sedangkan dalam kondisi normal produksi sampah harian dari seluruh wilayah Kota Sukabumi mencapai sekitar 180 ton. Sehingga, pda saat malam takbir personil yang diturunkan itu sekitar 150 orang.

Menurut Arlan, dalam menangani sampah pada malam takbiran Idul Fitri 1445 Hijriyah, DLH Kota Sukabumi menurunkan 11 unit dump truck, 6 unit motor sampah, 4 unit mobil pick up dan kendaraan alat berat. Untuk jenis sampah yang paling banyak ditangani pada saat peringatan Idul Fitri lalu adalah sampah rumah tangga.

Arlan menuturkan, untuk volume sampah di momen libur lebaran tidak mengalami kenaikan cukup signifikan. Sebab, lokasi wisata di Sukabumi tidak terlalu banyak dan kawasan wisata sudah bisa mengelolanya dengan baik.

Di sisi lain lanjut Arlan, DLH Kota Sukabumi kini memiliki jumlah armada sebanyak 28 unit dump truk dan 25 motor sampah. Khusus di 2023 mendapatkan bantusn dari provinsi sebanyak 4 dump truk.n Riga Nurul Iman

× Image