Home > Serba Serbi

Waspadai Penyakit yang Mengintai Setelah Lebaran

Ada beberapa tips menjaga kesehatan setelah lebaran seperti perbaiki pola minum dan perbaiki pola makan khususnya lebih banyak sayur dan buah.
Suasana warga yang berobat ke Klinik Pratama Doklis di Kota Sukabumi pasca lebaran, Kamis (12/4/2024).
Suasana warga yang berobat ke Klinik Pratama Doklis di Kota Sukabumi pasca lebaran, Kamis (12/4/2024).

SUKABUMI--Momen lebaran biasanya identik dengan silaturahmi dan dibarengi dengan makan-makan. Namun perlu hati-hati dan waspada berbagai ancaman penyakit bisa menyertai jika terlalu banyak makan saat momen lebaran.

Sebab, makanan yang mengandung banyak kalori, lemak, gula dan garam yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan penyakit. Di sisi lain, pada momen lebaran kali ini terjadi cuaca ekstrem ditandai intensitas hujan tinggi yang berpotensi juga menyebabkan penyakit.

'' Waspadai keluhan penyakit pascalebaran yang mengintai,'' ujar dr Lulis Delawati, dokter umum yang merupakan owner dari Klinik Pratama Doklis di Kota Sukabumi, Jumat (12/4/2024). Menurutnya, ada sejumlah penyakit yang harus diwaspadai.

Pertama, penyakit Flu dan Batuk (ISPA, Faringitis. Berikutnya, kadar kolesterol, gula darah, asam urat meningkat dan gangguan lambung dan diare.

Selanjutnya, hipertensi tekanan darah naik. Penyakit lainnya yakni dehidrasi/defisit cairan. Berikutnya yang sering dikhawatirkan adalah berat badan naik.

Lulis mengatakan, ada beberapa tips Menjaga kesehatan setelah lebaran. '' Perbaiki pola minum dan perbaiki pola makan khususnya lebih banyak sayur dan buah,'' ujar dia yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi. Tips lainnya lanjut Lulis, perbaiki pola tidur dan olahraga secara teratur.

Selain itu kurangi konsumsi makanan siap saji. '' Cek tensi, kolesterol, gula, dan asam urat,'' ungkap Lulis. Upaya ini dalam mendeteksi sejak dini potensi penyakit tersebut.

Terakhir terang Lulis tidak merokok untuk hidup yang sehat. Semoga di momen libur lebaran ini, masyarakat bisa menjaga kesehatan dan tetap bisa menjalani liburan dengan nyaman.n Riga Nurul Iman

× Image