Home > Umum

Libur Lebaran, Tim Kesehatan Tetap Siaga di Sukabumi

Posko layanan ini dibuka mulai 4 sampai 16 April 2024 di lima lokasi di Kota Sukabumi.
Pemantauan layanan posko kesehatan di momen libur lebaran, Kamis (11/4/2024).
Pemantauan layanan posko kesehatan di momen libur lebaran, Kamis (11/4/2024).

SUKABUMI--Momen libur lebaran tidak menyurutkan langkah untuk memberikan layanan kesehatan. Hal ini ditunjukkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi yang menyiagakan tim kesehatan di posko lebaran hingga puskesmas.

'' Di libur lebaran, kami mendirikan posko kesehatan dalam operasi ketupat lodaya siaga Idul Fitri 1445 Hijriah,'' ujar Kepala Dinkes Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah, Kamis (11/4/2024). Posko ini dibuka mulai 4 sampai 16 April 2024 di lima lokasi di Kota Sukabumi.

Lima lokasi itu adalah posko terpadu di Gedung Juang 45, posko kesehatan pusat perbelanjaan di Citimall, posko kesehatan di Terminal Tipe A dan stasiun kereta api, lalu posko di Jalan Lingkar Selatan, Warudoyong. Tenaga kesehatan yang berjaga di posko-posko itu adalah pelaksana PSC 119 SIGAP dan Home Care dengan jumlah yang bertugas sebanyak 41 orang.

Menurut Reni, 41 petugas kesehatan tersebut terbagi di setiap posko sebanyak empat orang dengan dua jam kerja yakni pukul 08.00-14.00 WIB dan pukul 14.00-19.30 WIB. Para petugas kesehatan ini dibantu relawan anggota Saka Bhakti Husada.

'' Dalam setiap harinya dilaksanakan monitoring untuk mengawasi lancarnya kegiatan dan update pelaporan,'' ungkap Reni. Di sisi lain, jumlah ambulans yang diturunkan sebanyak lima mobil dan empat motor ambulans.

Petugas pun kata Reni, tetap siaga 24 jam di kantor PSC 119 SIGAP Call Center 08001000119. Layanan lainnya yakni terdapat empat puskesmas yang tetap bersiaga membuka pelayanan umum pada waktu cuti bersama Idul Fitri tanggal 8, 9, 12, 13, dan 15 April 2024.

Ke empat puskesmas ini adalah Puskesmas Cipelang, Puskesmas Sukabumi, Puskesmas Baros, dan Puskesmas Tipar. Tenaga kesehatan yang berjaga melibatkan seluruh tenaga kesehatan atau nakes dari 15 puskesmas.

'' Pelayanan kesehatan selama Idul Fitri di Kota Sukabumi dilengkapi dengan adanya enam rumah sakit yang siap menerima rujukan,'' terang Reni. Rumah sakit itu yaitu RSUD R Syamsudin SH, RSUD Al-Mulk, RSI Assyifa, RS Kartika Kasih, RS Ridogalih, dan RS Bhayangkara Setukpa Polri.n Riga Nurul Iman

× Image