Home > Umum

PMI Sukabumi Buka Posko Kesehatan Kolaborasi Siaga Lebaran 2024

Upaya tersebut dalam menjamin kenyamanan warga selama arus mudik lebaran.
Relawan PMI Kota Sukabumi bersiaga di Posko Kolaborasi dalam menjamin kenyamana warga saat arus mudik, Jumat (5/4/2024).
Relawan PMI Kota Sukabumi bersiaga di Posko Kolaborasi dalam menjamin kenyamana warga saat arus mudik, Jumat (5/4/2024).

SUKABUMI--Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi berkolaborasi dengan sejumlah pihak dalam rangka membuka pelayanan kesehatan serta memberikan layanan kemanusiaan selama Operasi Ketupat Lodaya 2024. Upaya tersebut dalam menjamin kenyamanan warga selama arus mudik lebaran.

" Posko Kolaborasi pelayanan kesehatan ini sebagai agenda rutin tahunan dalam rangka membantu pemerintah dan pihak kepolisian dalam rangka siaga arus mudik lebaran,'' ujar Pengurus PMI Kota Sukabumi Bidang SDM dan Relawan, Desy Rachmawati, Jumat (5/4/2024). Khususnya dalam mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Dalam pelayanan kegiatan operasi Ketupat tahun ini terang Desy, sejumlah relawan PMI Kota Sukabumi akan diterjunkan di Posko Kolaborasi. Dengan dukungan tenaga medis dari Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Kota Sukabumi dan Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan, UMMI Sukabumi.

Desy menjelaskan, dalam pelaksanaannya di lapangan, untuk pelayanan pertolongan Pertama dan Ambulans ini pihaknya berkoordinasi dengan Posko Kesehatan Dinkes Kota Sukabumi dan BPBD Kota Sukabumi. Terutama untuk layanan kesiapsiagaan bencana yang ditempatkan di Posko gabungan terpadu di kawasan Gedung Juang Kota Sukabumi di Jalan Veteran ll.

Ketua PPNI DPD Kota Sukabumi, Erna Safariah mengatakan, dalam rangka mendukung operasi ketupat siaga lebaran tahun ini pihak menerjunkan tenaga perawat untuk bergabung di posko kesehatan kolaborasi bersama PMI Kota Sukabumi. Dalam pelaksanaanya di lapangan pihaknya juga menerjunkan sejumlah mahasiswa dari Prodi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) untuk bergabung di Posko Kesehatan membantu di lapangan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan edukasi kepada para pemudik terkait mudik yang sehat dan aman.

" Ini merupakan komitmen bersama, semua unsur terlibat dan berkolaborasi memberikan rasa aman dan nyaman dengan pelayanan kesehatan dalam menyambut lebaran yang aman," ujar Erna yang juga sebagai Ketua Prodi D3 Keperawatan UMMI. Sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan kepada warga.n Riga Nurul Iman

× Image