Home > Umum

Jaga Stok Darah Saat Ramadhan, Inti dan Pinti Sukabumi Gelar Donor Darah

Kegiatan ini membantu stok labu darah selama bulan puasa yang biasanya menurun.
Donor darah Ramadhan 2024 digelar Inti dan Pinti Sukabumi di Sekretariat Perhimpunan Inti Sukabumi, Danalaga Square, Kota Sukabumi, Ahad (17/3/2024).
Donor darah Ramadhan 2024 digelar Inti dan Pinti Sukabumi di Sekretariat Perhimpunan Inti Sukabumi, Danalaga Square, Kota Sukabumi, Ahad (17/3/2024).

SUKABUMI--Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) dan Perempuan Indonesia Tionghoa (Pinti) Cabang Kota Sukabumi, Jawa Barat, menggelar kegiatan donor darah Ramadhan 2024, Ahad (17/3/2024). Kegiatan ini diharapkan dapat membantu menjaga stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) untuk warga yang membutuhkan di bulan puasa.

Acara donor darah tersebut dilaksanakan di Sekretariat Perhimpunan Inti Sukabumi, Danalaga Square, Kota Sukabumi. '' Di bulan Ramadhan ini, Inti dan Pinti melaksanakan donor darah untuk kesekian kalinya,'' ujar Wakil Ketua Perhimpunan Inti Sukabumi, Gunawan, Ahad.

Donor darah dilaksanakan bekerja sama dengan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Sukabumi dan PMI Kota/Kabupaten Sukabumi. Ia menuturkan donor darah terlaksana dengan baik dengan target 400 kantong labu darah.

Bahkan kata Gunawan, hingga pukul 11.00 WIB sudah terkumpul sebanyak 200 labu darah. Harapannya hingga pukul 14.00 WIB target labu darah bisa tercapai.

Uniknya lanjut Gunawan bagi yang berdonor darah disediakan undian hadiah menarik. Sebab, ada hadiah sepeda motor, kulkas, mesin cuci, dan lain sebagainya untuk mendorong warga donor darah.

'' Aksi ini supaya bisa memenuhi pasokan labu darah dan berbagi dengan warga Kota dan Kabupaten Sukabumi,'' ungkap Gunawan. Ia mengatakan, dalam satu tahun Perhimpunan Inti Sukabumi setidaknya mengadakan tiga kali kegiatan donor darah. Termasuk pada bulan Ramadhan, di mana biasanya aktivitas donor darah menurun.

Gunawan menyampaikan terima kasih kepada para pendonor darah, PDDI, dan PMI Sukabumi yang mendukung kegiatan yang dilaksanakan Perhimpunan Inti dan Pinti. Labu darah yang terkumpul pada kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan seperti warga yang dalam pengobatan atau warga yang sakit talasemia.

Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Cabang Kota Sukabumi Achmad Fahmi memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Inti dan Pinti yang menggelar donor darah di bulan Ramadhan. '' PDDI bersama keluarga besar Inti dan Pinti melaksanakan kegiatan rutin donor darah. Dalam menjaminkan ketersediaan labu darah di bulan puasa,'' ujarnya yang juga hadir di acara donor darah.

Pasalnya, di Ramadhan stok labu darah senantiasa kurang. Harapannya ke depan aksi donor darah ini bisa rutin dilakukan untuk membantu sesama yang membutuhkan. '' Kami juga mengajak warga jangan takut donor darah, bila fisik sehat agar donor darah,'' kata Fahmi. Hal ini sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang membutuhkan labu darah dalam pengobatan.n Riga Nurul Iman

× Image